Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil dan Sejarah Singkat MTs NW Borok Tumbuh

Profil MTs NW Boro'Tumbuh



Bismilahiwabihamdihi,
Assalamualaikum Wr. Wb....

Selamat datang di MTs NW Boro’Tumbuh
Madrasah Hebat Bermartabat
Mandiri Berprestasi
Mencetak Generasi yang Jenius dan Berakhlak Religius

MTs NW Boro’Tumbuh merupakan madrasah swasta yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa Nahdlatul Wathan Boro’Tumbuh.

Madrasah ini beralamat di Jalan Simpang Kulur, Desa Tumbuh Mulia, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Berjarak 4 km dari kota kabupaten, membuat madrasah ini mendapatkan akses yang cukup baik untuk mengurus berbagai kepentingan pendidikan khususnya di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur.

Begitu pula lokasinya yang sangat strategis, berada di jalan kecamatan, membuka ruang untuk berkembangnya madrasah dengan baik.

MTs NW Boro’Tumbuh berdiri pada 30 Januari 1966, kemudian mendapatkan Izin Operasional tanggal 29 Januari 1997 dengan Nomor SK Izin Operasional WX/1-B/63/1997.

Dari tahun ke tahun madrasah ini terus mengalami kemajuan. Dintandai dengan banyaknya santri yang menimba ilmu dan berbagai prestasi yang raih.  

Kemudian pada tahun 2018 madrasah ini mendapatkan akreditasi A, berkat kerja sama yang baik dari semua komponen sekolah.

Visi, Misi dan Tujuan

VISI: "Mencetak peserta didik yang beriman dan bertaqwa, berakhlakul karimah, berilmu, cerdas, terampil, berprestasi dan mandiri"

MISI:
  1. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT kepada peserta didik sesuai ajaran Islam Ahlussunnah Waljama’ah.
  2. Menanamkan akhlakul karimah, sifat jujur, amanah, fatonah, percaya diri, toleran, dan disiplin pada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun diluar madrasah.
  3. Melaksanakan proses belajar menagajar secara efektif, efisien dan inovatif agar peserta didik dapat berprestasi dan mengembangkan ilmu serta potensi yang dimilikinya.
  4. Membekali keterampilan hidup pada peserta didik agar dapat hidup mandiri.
  5. Membekali kemampuan literasi pada peserta didik agar menjadi pembelajar sepanjat hayat.

Ada pun Tujuan MTs NW Boro’Tumbuh yakni:
Tujuan Umum:
  1. Terwujudnya nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, dan akhlakul karimah kepada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
  3. Tersedianya lulusan yang terampil, berprestasi dan mandiri.
Tujuan Khusus:
  1. Terselenggaranya Program Tadarus Alquran setiap hari sebelum mulai belajar.
  2. Terwujudnya pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang terpusat pada siswa antara lain CTL, paikem dan  bimbingan berbasis kompetensi.
  3. Memiliki guru yang  menerapkan metode pengajaran yang bervariasi pada proses pembelajaran berbasis saintefik.
  4. Terwujutnya lingkungan sekolah yang sehat, bersih, nyaman dan kondusif untuk belajar.
  5. Menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan reliable sesuai dengan acuan  BNSP dan Kurikulum 2013 serta Kurikulum Merdeka.
  6. Menghasilkan lulusan yang  mampu bersaing dalam memasuki jenjang pendidikan sekolah unggulan selanjutnya.

Program Kegiatan

Program kegiatan MTs NW Boro’Tumbuh yaitu
Pertama, kegiatan belajar mengajar konvensional merupakan kegiatan utama yang dilaksanakan setiap hari, dimulai sejak pukul 06.30 pagi s/d 13.30 siang

Selain kegiatan pokok tersebut, MTs NW Boro’Tumbuh juga mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, Marcing Band, Gerakan Literasi, dan Pencak Silat.

Selain itu program keagamaan juga dilaksanakan pada setiap sore Senin dan Kamis. Yaitu membaca Hizib Nahdlatul Wathan, Solawat Barzanji, Kajian-kajian, dan juga latihan-latihan berbagai skills seperti berpidato.

Sumber Daya Manusia dan Fasilitas

Sumber Daya Manusia (SDM)
MTs NW Boro’Tumbuh  dipimpin oleh Bapak H. Ma’ruf, M.Pd selaku kepala Madrasah sejak tahun pelajaran 2020/2021 hingga sekarang.

Sedangkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan terdiri dari guru dan pegawai swasta yang rata-rata berpendidikan sarjana (S1) dan mengajar sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.  

Total jumlah tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 23 orang yang terdiri dari 10 guru laki-laki dan 13 guru perempuan.

Sementara jumlah santri dalam 3 (tiga) tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Tahun 2020/2021 berjumlah, tahun pelajran 2021/2022 sebanyak, sedangkan tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 116 orang. 

Fasilitas
MTs NW Boro’Tumbuh mememiliki fasilitas yang cukup baik dan lengkap. Mulai dari ruang belajar sebanyak 6 kelas, ruang guru, ruang kepala madrasah, ruang tata usaha, ruang wakil kepala madrasah, Perpustakaan, Laboratorium, ruang BK, ruang UKS, ruang OSIM, perpustakaan, tempat ibadah dan juga toilet. Di samping itu, keberadaan taman depan madrasah yang rindang serta lapangan bermain yang luas juga sangat menunjang proses pendidikan.

Jaringan Kerja Sama

Untuk mengembangkan dirinya, MTs NW Boro’Tumbuh terus beruapa berkolaborasi dan menjalin hubungan dengan berbagai pihak di luar. Jalinan kerja sama tersebut disepakati dalam bentuk MoU. Seperti pemerindah Desa Tumbuh Mulia, Puskesmas Suralaga, Kepolisian Sektor Suralaga, Bank Segara Anak Kencana, Komunitas Literasi Madrasah, dan juga Perpustakaan Daerah.

Selain itu, MTs NW Boro’Tumbuh juga menjalin kerjasama dengan sekolah dan madrasah-madrasah terdekat, temasuk TPQ-TPQ di desa Tumbuh Mulia.

Akhirnya, semoga MTs NW Boro’Tumbuh terus berkembang dan maju. Sesuai dengan motonya, mencetak generasi yang berpikir jenius dan berakhlak religius.

Terima kasih atas perhatian Anda. Semoga keterangan ini bermanfaat.

Wallahulmuwaffiqu Walhadi Ilasyabilirrasyad
Wassalamualaikum Wr Wb.

Posting Komentar untuk "Profil dan Sejarah Singkat MTs NW Borok Tumbuh"