Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MTs NW Boro'Tumbuh Kembali Meraih Akreditasi "A" pada Tahun 2023

Akreditasi sekolah adalah pengakuan dan penilaian terhadap lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerjanya. Akreditasi diberikan oleh lembaga yang berwenang setelah sekolah dinilai memenuhi kriteria tertentu. 

Akreditasi sekolah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M), atau yang sekarang disebut dengan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM). 

Adapun tujuan dari nilai akreditasi sekolah adalah: (1) Memberikan informasi kelayakan sekolah atau program berdasarkan SNP (Standar Nasional Pendidikan); (2) Sebagai pengakuan peringkat kelayakan; (3) Sebagai bentuk pertanggungjawaban ke stakeholder seperti orangtua siswa dan siswa.

Pada tahun ini (2023) MTs NW Boro'Tumbuh kembali menjadi sasaran akreditasi sekolah/madrasah.  Ditetapkan madrasah kami sebagai sasaran akreditasi sebab masa berlaku akreditasi sebelumnya sudah habis (5 tahun). 

Sebelumnya MTs NW Boro'Tumbuh melakukan akreditasi pada tahun 2018. Namun karena dianggap grafik kinerja menurun maka pada tahun ini MTs NW Boro'Tumbuh tidak mendapatkan kesempatan untuk memperpanjang sertifikatnya, maka itu MTs NW Boro;Tumbuh harus mengikuti akreditasi kembali.

Maka sejak awal tahun 2023 pihak madrasah sudah mulai bergerilnya untuk melengkapi semua dokumen-dokumen yang belum lengkap. Pihak sekolah juga mulai membentuk tim sukses akreditasi. Kemudian kepala madrasah menyarakan untuk segera mengisi Sispena.

Sebenarnya, kami memang sudah menyiapkan banyak dokumen dari tahun-tahun sebelumnya, maksudnya, agar tidak terjadi program lembur berat saat akreditasi, jadi setiap tahun kepala madrasah sudah berusaha untuk meningkatkan dan mengarsipkan semua bentuk dokumen. Terutama dokumen-dokumen yang dianggap berat yang menghabiskan banyak energi untuk menyiapkannya seperti perangkat guru, laporan-laporan dan lain sebagainya. Kepala madrasah selalu menekankan agar setiap selesai melakukan kegiatan harus segera menyelesaikan laporannya. Kepala rupanya tidak menginginkan prinsip menunda-nunda pekerjaan. Itu sebabnya, untuk akreditasi kali semua dokumen laporan relatif lengkap. Dan alhamdulillah kegiatan lembur tidak terlalu panjang.

Hasilnya, sungguh menggermbiaran. Kalaupun masih ada banyak kekurangan, itu bisa diperbaiki sambil berjalan. Benar seperti kata pepatah, "Usaha tidak akan mengkhianati hasil." Berkat usaha dan kerja keras kami di MTs NW Boro'Tumbuh maka kami masih bisa mempertahankan hasil akreditasi sebelumnya. Bahkan nilai akreditasi tahun 2023 ini semakin meningkat yaitu bertengger di angka 94. Sementara itu akreditasi tahun sebelumnya (2018) yaitu 91. 

Berkat kerjasama semua pihak, akreditasi tahun ini memanglah sangat menggembirakan bagi kami. Ini adalah pencapaian tertinggi MTs NW Boro'Tumbuh selama ini. Namun predikat tersebut tentu tidak membuat kami 'tinggi hati'. Justeru dengan hasil tersebut kami perlu banyak berbenah, banyak belajar, dan banyak menggali potensi diri sehingga bisa mempertanggungjawabkan hasil tersebut dengan sebaik-baiknya.

Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Ibu Dra. Himmatul Fajri, M.Pd yang telah memberikan dukungan moril kepada kami sehingga kami bisa bertahan pada posisi sekarang ini. Tidak lupa juga kepada pihak komite madrasah yang telah bekerja sama dengan baik. Kepada wali murid juga yang telah mempercakan kami sebagai tempat anak-anaknya untuk bersekolah. Begitu pun kepada Pengurus Yayasan yang telah mensupport dari berbagai hal baik materil maupun moril.

Akhirnya semoga akreditasi tahun ini bisa menjadikan MTs NW Boro'Tumbuh lebih maju, berkembang, dan menghasilkan lulusan yang lebih baik.


Posting Komentar untuk "MTs NW Boro'Tumbuh Kembali Meraih Akreditasi "A" pada Tahun 2023"